Panduan gebetSaham

Panduan ini ditujukan untuk mempersiapkan Anda menggunakan tools gebetSaham sebagai pendamping investasi saham atau reksadana saham. Panduan ini akan terus disempurnakan berdasarkan masukan dan pengalaman dari para penggunanya. Tidak hanya berdasarkan pengalaman untung, tapi juga pengalaman "nyangkut" agar kita semua mendapatkan manfaat optimal dari metode ini. 

Panduan ini terbagi atas beberapa bagian:

  1. Filosofi, untuk menggugah bahwa apa yang kita ingin capai adalah pendekatan anti-mainstream, sehingga kita harus menggeser pemahaman kita sebelumnya yang mungkin masih berbasis mainstream.
  2. Pola Pergerakan Volume Saham, mengenali bentuk pola dasar transaksi saham yang dapat langsung dimanfaatkan oleh para investor jangka panjang, memberikan suatu konfirmasi atau keyakinan untuk memantapkan keputusan investasi.
  3. Memahami Perilaku Pasar, mengenali pola lanjutan transaksi saham yang dapat dimanfaatkan bagi investor yang ingin merasakan lonjakan keuntungan dalam periode waktu yang lebih singkat, juga untuk melatih emosi psikis investor agar tidak terbawa oleh eforia atau kepanikan.
  4. Cara Menggunakan Fasilitas Canvas dan Notifikasi Telegram

Selama mengikuti panduan ini, sebaiknya diluangkan waktu untuk membiasakan diri dengan metode baru, berlatih untuk mengasah kemampuan dan kepekaan analisis kita. Anda dapat melakukan paper trading, tidak harus berinvestasi sungguhan dengan membeli saham, namun dapat melakukan simulasi melalui catatan/pembukuan. Sesudah selesai interpretasi atas grafik, hasil interpretasi dicatat, dan kemudian dicatat juga rencana aksi yang akan dilakukan (beli atau jual). Demikian bagaimana nantinya realisasi dapat dibandingkan dengan catatan rencana sebelumnya.

Sekiranya ada ide, masukan atau saran untuk penyempuraan panduan ini, atau ada kebutuhan fasilitas lain yang semakin memudahkan investasi saham, mohon tidak ragu untuk posting comments disini.

Comments

Mohon info, utk TINS di line grafik tertulis inventory, maksudnya apakah investor collect saham? padahal grafik kuning arah turun..

Terimakasih

autogebet's picture

bro Yosefa, yg dimksd "tertulis inventory" TINS itu dimana ya? 

Betul yang harus dirujuk adalah posisi garis kuning terkini (kalau di video itu sdh kedaluwarsa, hanya sbg contoh saja). Sekarang ini TINS garis kuning sedang terjun bebas, so harus stay away dari TINS ya bro

tulisan Inventory muncul saat garis kuming disentuh kursor, sedangkan garis kuning yang di intraday muncul tulisan acc volume 

autogebet's picture

@Yosefa: konsep garis kuning itu memang seperti "inventory", dapat dianalogikan seperti stok persediaan barang/saham yg dimiliki oleh pelaku pasar. Mengenai konsep inventory ini terkait dengan Psikologi Pasar, bisa diikuti kisahnya di video Mengenal Perilaku Pasar.

Garis kuning di Intraday konsepnya sama, masih tertulisnya sebagai "accumVolume", dapat dimaknai sama hanya saja konteksnya "stok barang" per posisi menit tertentu.

Mohon info, bagaimana cara baca kotak warna orange di grafik? Contoh: BBRI-Dana Asing: 77%-43% (data per 14 ags 20) Tks infonya

autogebet's picture

bro Edy, silakan lebih detailnya ttg kotak2 ini ada di artikel Kekuatan Asing sebagai Penentu Pergerakan Harga. Semoga membantu yaa, jika ada yang belum clear gpp bisa tanyakan disini, atau di FB Page gebetSaham.