Paduan Analisa MGRO

Per posisi 11 Juni 2020, MGRO terdeteksi mengalami akumulasi garis kuning yang melesat! Bagi yang belum pernah dengar, MGRO adalah Mahkota Group Tbk dengan bisnis utama sawit. Untuk melengkapi pertimbangan investasi, simak seperti apa analisa fundamental, teknikal dan bandar.

Fundamental Industri

Jan 2020 harga CPO mencapai harga tertinggi dalam 3 tahun terakhir, harga turun gradual s.d April, lalu meningkat lagi s.d akhir Mei. AALI dan MGRO mencatatkan pertumbuhan penjualan untuk Q1. Untuk menjamin ketersediaan CPO dalam negeri (komitmen program B30), pemerintah menaikkan pungutan ekspor dari 50 menjadi 55USD/Ton per 1 Jun 2020. Artinya, pasar luar dan dalam negeri mendukung.

Fundamental Industri: YES

Fundamental Perusahaan

Walaupun pendapatan meningkat, MGRO net loss untuk Q1 karena HPP dan beban operasional naik lebih tinggi (keterbukaan informasi IDX sedang down, belum bisa lihat LK lebih detil). Bandingkan dengan AALI yang net incomenya positif, melewati Q1 2019 dan 2018. Net loss MGRO mengakibatkan perhitungan PEG untuk mengetahui harga saham murah/mahal relative to future growth menjadi tidak relevan (murah sekalipun, kalau prospek negatif tidak akan menarik). Berbagai artikel terkait MGRO tersedia kompilasi dan ringkasannya disini.

Fundamental perusahaan: NO

Teknikal

Golden cross (MA5 memotong MA20) di bulan april, MA5 memotong MA60) di bulan mei. Harga MGRO sudah manggung sejak bulan April. Harga terlihat mulai flat dan cendreung turun sejak tgl 5 Jun.

SRI pertengahan Mei memperlihatkan overweight (jenuh beli), 11 Juni MACD muncul signal jual.

Ichimoku jangka pendek sudah sampai puncak dan sedang bergerak mendatar, akan dipotong oleh ichimoku jangka menengah yang sedang bergerak naik. Cloud bullish sebentar lagi berakhir diganti cloud bearish mulai 23 juni.

Kesimpulan Teknikal: Kemungkinan hari sudah senja...

Bandar

Top akumulator sejak MGRO manggung 19 Maret adalah Jasa Utama, Panin dan Trimegah. Harga beli rata-rata mereka 702, 665 dan 702. Sejak harga berbalik turun tgl 5 Juni, Panin sudah dalam posisi jual diharga 713 (untung 52), sementara Jasa Utama dan Trimegah masih beli di 710 dan 706. Harga sekarang di 700.

Tanggal Rilis Laporan Keuangan Q1

Laporan keuangan AALI rilis tgl 6 Mei, good news menambah gairah, momentum pasar waktu itu netral. MGRO tgl 9 Juni, bad news saat IHSG sedang konsolidasi setelah minggu sebelumnya rally.

Disclaimer ON, decision is yours ^_^

Comments

autogebet's picture

Terima kasih bro someone, tiada menyangka bisa ada analisa yang begitu runtut dan komplit! Dari fundamental, teknikal sampai ada analisa bandar... wow super sekali... Pastinya bisa menjadi tambahan pertimbangan bagi peminat garis kuning MGRO :)

Boleh lho kalau ada insight saham2 lain broo hehe

renaisanto's picture

Sangat bagus dan menarik sekali analisanya bro, kalau dilihat dari garis kuning pelaku pasar dan broker summary saham ini mulai awal masa akumulasi tanggal 22 April menunjukkan akumulasi yang sangat besar.

‚Äč

Kita ketahui MGRO mulai listing di bursa pada 12 Juli 2018 dengan harga IPO Rp. 225 dengan underwriter Panin Sekuritas (GR) dan Jasa Utama Capital Sekuritas (YB), gerakan nya disini bisa terbaca.

Apabila Pelaku Pasar sudah melakukan aksinya tentunya Analisa Garis kuning memiliki porsi yang besar dalam pertimbangan aksi investasi yang akan kita lakukan sedangkan Analisa Teknikal dan Fundamental bisa digunakan sebagai pembantu dalam membuat keputusan, dan tentu juga tidak bisa  dilupakan adalah tren pergerakan harga komoditas nya.

Yang sudah mengikuti pergerakan pelaku pasar di saham ini mulai awal akumulasinya, mungkin sudah saatnya siap-siap merealisasikan keuntungannya, namun untuk yang baru mau masuk sekarang, tentunya harus dengan prinsip penuh kehati-hatian..