Garis Kuning Istimewa Mengawali Tahun Baru 2021

Di awal tahun 2021 ini, kita terpesona oleh kenaikan dua saham yang fantastis: SCMA dan ANTM. Mari kita cermati secara faktual data perilaku pasar yang direpresentasikan oleh garis kuning dan bagaimana pergerakan harganya (garis biru).

Sejak pelaku pasar mulai mengakumulasi ANTM pada 2 November 2021, harganya terus melesat tanpa kendor hingga 8 Januari kmrn sudah naik +131%.

Sementara untuk SCMA, pelaku pasar sudah mengakumulasi sejak 16 Desember 2019. Bahkan di masa pandemi ketika harganya ambyar hingga -60%, pelaku pasar tetap mengakumulasi SCMA (garis kuningnya terus naik). Apa yang terjadi sesudahnya, garis kuning terus naik diikuti oleh harga yang terus meroket. Mereka yang entry sesudah reversal pandemi pada 30 April 2020, sudah merasakan kenaikan hingga +178%.

Menyertai perjalanan garis kuning yang terus menanjak, menjumpai harga terkoreksi adalah kejadian yang wajar, tidak perlu kuatir karena biasanya harga akan kembali mengikuti garis kuning. Contoh TPIA, harga sempat jatuh -9% tapi kemudian kembali naik. Juga di MNCN, pelaku pasar sudah akumulasi dan belum kemana-mana (garis kuning mendatar), harganya sempat jatuh -9,8% tapi kemudian naik lagi. Selain menghindarkan kecemasan berlebihan, pola garis kuning seperti ini dapat dimanfaatkan untuk top up, atau untuk mendapatkan keuntungan jangka pendek.

Garis kuning didasarkan atas data faktual, angka yang berbicara. Seperti inilah perilaku pelaku pasar dari masa ke masa, data sudah tersedia, tinggal bagaimana kita belajar dan terus belajar, maknai dan terapkan untuk mendukung keputusan investasi kita masing-masing. Yuk dicoba latihan, simak garis kuning ASII LSIP PTPP MEDC TKIM ERAA, kira-kira nanti garis birunya akan kemana yaa ^_^

Comments

autogebet's picture

Seminggu berselang, saham berikut sudah bergerak naik dengan garis kuning yang masih terus akumulasi.

ASII +6,6%
ERAA +8,8%
PTPP +6,1%
TKIM +5,4%

Harga saham MNCN dan TPIA masih belum bergerak, tapi garis kuningnya masih terus meroket naik.

Saham MEDC dan LSIP harus dicoret tidak lagi masuk radar karena garis kuningnya sudah berbalik arah.

Fokuskan perhatian pada saham yang garis kuningnya masih terus akumulasi, simak terus episode berikutnya.