Percaya Diri dengan Garis Kuning

Semenjak pertama kali diperkenalkan oleh bro Gebet tentang metode gebetSaham, saya cukup tertarik karena analisa teknikal ini mencoba menebak behavior saham dari sisi berbeda. Saya ngga akan jelaskan panjang lebar tentang gebetSaham ini karena ini menjadi porsi penciptanya untuk menjelaskan, tapi saya mencoba bercerita bagaimana saya menggunakan gebetSaham sebagai salah satu alat pengambil keputusan.

Seperti kita semua ketahui dan alami, tanggal 5 Agustus setelah Jabodetabek blackout, pasar memerah luar biasa. Sangat jarang sebenarnya pasar merah lebih dari 1% di hari senin, tapi itu terjadi di tanggal 5. Panik, bingung pasti ada, apalagi di WAG dan grup FB saham semua sudah bercerita tentang krisis perang dagang yang benar-benar terjadi. Saya pada posisi merah juga saat itu. Banyak saham yang menurut saya baik dan sebenarnya terbukti baik beberapa di minggu-minggu sebelumnya tiba-tiba merah tidak karuan. Cut loss? Terlalu dalam. Ambil lagi? Kayanya ngga direkomendasikan karena cash sudah mepet. Jadi bagaimana mengambil kesempatan di kesempitan ini? Cari celah dan peluang… Itu yang saya lakukan!!

Kuning Trend Positif dan Harga Jatuh

Saham apa yang saya ambil dengan dana yang sudah mepet tadi? Ingat tujuannya adalah memperkecil potensi loss karena pasar merah. Maka saya harus cari saham dengan harga yang rendah dan ada kemungkinan untuk naik… jadi bisa beli dalam jumlah lot besar tapi dana ngga harus besar. Plus setiap perubahan harga memberi efek cukup besar.. Pilihan saya adalah BKSL. Bisa dilihat trend garis kuning naik, dan harga jatuh sangat dalam. Plus sebagai bonus, volume transaksi juga masuk 20 besar saat itu, sehingga saya yakin bahwa harga bergerak bebas bukan permainan. Saya masuk di 135 karena menurut garis support menunjukkan harga terdekat adalah 134 atau 135. Jadi jam 15.42 saya berhasil dapat diharga itu. Tunggu dan was-was apakah besok akan naik sesuai harapan (banyak doa….)


[5 Agustus 2019] Support di 134-135, garis kuning dalam trend naik

Tanggal 6 Agustus ternyata pasar kembali jatuh… dan BKSL juga sempat jatuh. Tapi saya tetap hold karena menurut saya harga 134-135 sudah bottom untuk saat ini, dan saya akan masuk lagi kalau harga ternyata jatuh ke 125 :) Masih ada sih cash sedikit.

Ternyata perkiraan dan prediksi garis kuning menjawab lunas semua kekawatiran saya. Saat pasar jatuh 0.9% BKSL malah naik 4.44%. Jadi trend garis kuning menjawab pertanyaan yang pernah saya tanyakan ke bro gebet, "Apakah mungkin gebetSaham untuk transaksi trading?" jawabnya adalah bisa asal kita hati-hati dan cermat.. 


[6 Agustus 2019] Harga naik ke 141 saat pasar turun 0.9%

DISCLAIMER: Tulisan ini tidak bertujuan untuk teman-teman mengikutinya atau mengajak atau mempengaruhi apapun. Semua risiko menjadi tanggung jawab dari masing-masing orang yang mengambil keputusan..

Comments

autogebet's picture

Terima kasih sharingnya bro Eko, syukurlah teknologi garis kuning bisa bermanfaat, ini menjadi yang pertama kali metode gebetSaham dikombinasikan dengan technical analysis.Semoga semakin bisa memantapkan investasi ya bro. Menantikan sharing-sharing berikutnya yaa ^_^