Deteksi Akumulasi Besar dengan Peta Saham

Sejak ada semua fasilitas grafik dan notifikasi di gebetSaham, ada satu keterbatasan yang selama ini masih mengganjal, yaitu bagaimana cara mencari saham mana yang sedang mengalami pola akumulasi atau mark down. Caranya selama ini harus mencari satu per satu diantara grafik saham di Canvas atau di menu Market Index. Walaupun apa yang tampil di Canvas sudah sebagian diantara 600 saham, tapi tetap saja masih terasa kurang praktis. Nah, sekarang sudah ada solusinya, gunakan Peta Saham!

Peta Saham memberikan petunjuk yang begitu jelas untuk pemilihan saham (stock picking), kita dengan mudahnya mendeteksi mana saja saham yang sedang terjadi akumulasi besar kemudian tinggal kita ikuti. Peta Saham memberikan gambaran bagaimana posisi seluruh populasi saham pada akhir perdagangan bursa setiap harinya, dimana masing-masing saham akan diberi skala warna, yaitu hijau (akumulasi) atau merah (distribusi). Skala warna setiap sahamnya didasarkan atas perbandingan volume transaksi bersih dari 5 besar broker/sekuritas dibandingkan terhadap keseluruhan volume transaksi. Warna yang semakin pekat menunjukkan intensitas akumulasi/distribusi yang semakin kuat. Sistem secara otomatis mengolah seluruh data transaksi terkini pada akhir jam perdagangan, sehingga Peta Saham terkini senantiasa tersedia pada jam 16.30.

Peta Saham disajikan per sektor emiten, sehingga mudah membandingkan skala warna antar saham dalam industri sejenis.

Perhatian kita bisa langsung diarahkan ke saham-saham yang sedang mengalami akumulasi besar.

Peta Saham membantu kita dalam memilih kandidat saham yang akan diinvestasikan. Kita bisa langsung pilih saham yang posisinya sedang akumulasi (berwarna hijau), semakin berwarna hijau pekat semakin baik. Klik pada saham tersebut untuk membuka seperti apa garis kuningnya. Pastikan untuk memilih saham dengan garis kuning yang menunjukkan pola akumulasi, akan lebih baik jika bisa menemukan pola saham yang masih berakumulasi pada fase awal (early trend). Pada saat artikel ini ditulis tanggal 3 Oktober 2018, dapat dicontoh pola garis kuning seperti pada saham TLKM

Garis kuning pada grafik TLKM sedang mengalami fase awal akumulasi. Pilihlah saham dengan pola garis kuning seperti ini.

Semoga bermanfaat ^_^