Fasilitas Canvas dan Notifikasi Telegram

Grafik Saham

Grafik saham selalu tersaji dengan tiga data series:

  1. Garis biru merupakan harga penutupan (closing price)
  2. Batangan abu-abu merupakan volume bersih yang mencerminkan minat beli (bernilai positif) atau jual (bernilai negatif)
  3. Garis kuning merupakan akumulasi volume bersih dari waktu ke waktu (timeseries)

Dimanapun dijumpai ada grafik saham, hal-hal yang selalu dapat dilakukan:

  • Bebas memilih rentang periode tanggal yang akan ditampilkan, cukup dengan klik dan seret (click and drag) pada rentang periode yang diinginkan. Klik pada Reset Zoom untuk mengembalikan rentang tanggal ke seperti semula. Pemilihan ini bermanfaat untuk mengamati lebih jelas pola garis pada rentang waktu dengan kepadatan data yang tinggi.
  • Klik pada icon bintang pada kanan-atas grafik untuk memasukkan saham ke dalam Canvas. Seluruh saham yang kita minati dapat dianalisa lebih nyaman melalui menu Canvas. Cukup klik lagi pada icon bintang untuk mengeluarkan dari Canvas. Saham yang telah terdaftar pada Canvas akan terhubung dengan sistem notifikasi Telegram.
  • Klik pada sembarang sumbu X (titik vertikal manapun di luar garis kuning atau biru) untuk menampilkan halaman khusus saham tersebut pada tanggal sesuai sumbu X yang dipilih. Halaman khusus ini menyediakan grafik Intraday, untuk mengamati pola pergerakan volume dan harga suatu saham dalam satu hari yang disajikan per menit.
  • Jika menjumpai garis biru yang agak aneh (misal: meroket tajam atau menukik terjun bebas), dapat klik pada icon refresh untuk melakukan pembaharuan data grafik. Tunggu beberapa saat hingga 10 detik, grafik akan tergambar ulang dengan data terkini.

Notifikasi Telegram

Transaksi saham di bursa terjadi begitu cepatnya, dan kita selaku investor tidak bisa setiap saat memantau, juga jangkauan pemantauan kita pasti akan terbatas. Disinilah manfaat fasilitas notiifikasi melalui aplikasi Telegram. Fasilitas ini menjadikan kita sebagai investor lebih waspada serta responsif jika terjadi suatu anomali atau lonjakan transaksi (anomali transaksi ini disebut sebagai "spikes") pada portfolio saham yang dimiliki, atau pada saham yang kita incar. Sistem gebetSaham mendayagunakan para agents, dimana tugas utama agents adalah memantau pola transaksi SELURUH saham yang aktif diperdagangkan di bursa secara real-time. Jika suatu agent menjumpai adanya pola transaksi yang di luar kebiasaan, maka sang agent akan memberikan notifikasi melalui Telegram. Dengan fasilitas ini, kita dapat beraktivitas keseharian seperti biasa, dan baru membuka aplikasi online trading ketika dijumpai ada spikes yang patut mendapat perhatian.

Cara mengaktifkan fasilitas ini, buka aplikasi Telegram kemudian lakukan langkah berikut:

1. Search "gebetsahambot", kemudian klik tombol START.

2. Ketik perintah /register <username>
Gunakan username sesuai yang digunakan untuk mendaftar account di web gebetSaham. Sistem akan seketika mengirimkan kode verifikasi melalui email dengan subject "Passcode gebetSahamBOT", didalamnya memuat panduan langkah berikutnya untuk aktivasi.

3. Ketik perintah /passcode <passcode>
Gunakan passcode sesuai yang diterima pada langkah sebelumnya. Sistem notifkasi kemudian seketika aktif. Saham yang akan mendapatkan notifikasi adalah saham-saham yang telah masuk ke dalam Canvas. Notifikasi akan mengalir selama jam perdagangan bursa.

4. Jika ingin menghentikan notifikasi sepenuhnya, ketik perintah /unregister <passcode>

Semoga bermanfaat.