Integrasi Data Kepemilikan Asing dari KSEI

Tiada menyangka, di dalam website KSEI terdapat informasi berharga yang tidak diketahui mayoritas investor. KSEI mempublikasi data Kepemilikan Efek (holding composition) sejak tahun 2016 hingga sekarang. Data memuat jumlah lembar saham yang diterbitkan serta sebaran kepemilikannya, seberapa dipegang oleh investor lokal dan asing. Data ini tersedia H-1 bulan, data yang dilihat sekarang merupakan data bulan sebelumnya.

Ini merupakan data Kepemilikan Efek, mencerminkan jumlah faktual lembaran saham yang dipegang oleh investor lokal maupun asing. Jumlah lembaran saham ini belum tentu seluruhnya diperjualbelikan di bursa, bisa jadi sebagian di-hold saja untuk jangka panjang. Saham yang dimiliki oleh investor asing disebut dengan Kepemilikan Asing. Saham milik investor asing yang diperjualbelikan di bursa disebut dengan Partisipasi Asing.

gebetSaham telah mengintegrasikan data Kepemilikan Efek dari KSEI sehingga lebih mudah dipahami tanpa perlu repot mengunduh satu per satu. Member premium gebetSaham dapat mengakses dua fasilitas baru: Insight Kepemilikan Asing dan Riwayat Kepemilikan Efek

1. Insight Kepemilikan Asing

Informasi ini tersedia pada menu Insight, di bagian paling bawah. Seluruh saham yang diperdagangkan di bursa tersaji disini. Saham disajikan berdasarkan besaran jumlah lembar saham yang diterbitkan. Saham paling kiri-atas berarti memiliki jumlah lembar saham terbesar, dan kanan-bawah berarti yang terkecil. Intensitas warna mencerminkan tingkat Kepemilikan Asing, semakin pekat berarti semakin besar dimiliki oleh asing. Sebagai contoh dalam gambar diatas, nampak BBRI paling dominan dimiliki oleh asing (83%) dalam jajaran saham terbesar (baris pertama). Informasi ini juga ditampilkan dalam grafik Dana Asing.

2. Riwayat Kepemilikan Efek

Selain itu, pada bagian bawah grafik masing-masing saham terdapat grafik baru, yaitu: Riwayat Kepemilikan Efek. Grafik ini menyajikan perjalanan kepemilikan efek dari dua jenis investor, yaitu: retail individu (Local Individuals) dan asing (Foreign). Bagaimana cara membaca grafik ini?

Garis Foreign (hijau) menandakan kekuatan asing, jika >30% berarti asing memiliki pengaruh yang kuat. Garis Local Individuals (merah) menandakan kekuatan investor retail, jika trend-nya semakin besar maka semakin tidak baik prospek harga saham kedepannya untuk naik.

Semoga fasilitas baru ini dapat memberikan tambahan pertimbangan pemilihan saham yang meningkatkan kepercayaan diri dalam berinvestasi. Segera aktifkan free trial untuk merasakan fasilitas premium ini.