Jebakan Betmen Menyertai Hembusan Berita Bagus

Kaum investor aliran mainstream pada umumnya melakukan entry berdasarkan "berita bagus". Saat mereka membeli, selalu ada kaum anti-mainstream yang sedang berjualan, dan kaum ini sesungguhnya sedang mengambil keuntungan. Sementara, seperti yang sudah bisa ditebak, kaum mainstream ini kemudian "nyangkut". Fenomena "hembusan berita bagus" ini tertangkap dengan sangat jelas sekali pada saham KRAS tanggal 1 Agustus 2018.


Berita yang terbit pada saat itu, juga tersedia berita versi online disini.

Jika dicermati grafik saham KRAS pada tanggal tersebut, sesungguhnya apa yang sedang terjadi sangat menyeramkan. Grafik volume sangat jelas merupakan pola distribusi, bahkan pada tanggal 31 Juli 2018 sedang terjadi penjualan besar-besaran, garis kuning menukik tajam. Para pelaku pasar nyata-nyata ingin melepas/menjual saham, kemudian dihembuskanlah berita bagus agar para investor mainstream berbondong-bondong membeli. So, berita seperti ini adalah jebakan betmen!

Berita apapun yang kita terima, selalu kroscek dulu seperti apa bentuk garis kuningnya. Jika polanya masih distribusi, sebaiknya bersabar menunggu hingga polanya berbalik menjadi akumulasi.